Sabtu, 27 Oktober 2012

finally..... KULIAH






dear diary..

woahh sudah brapa lama ya ga jumpa?? akhirnya aku punya waktu juga buat ngepost diblog ini..
dari dulu uda pengennn bgt ngepost, banyak cerita seru yg pengen aku abadikan di blog ini..



kuliah

ada apa dengan kuliah?? yappp kali ini aku pengen share tentang kuliah. akhirnya setelah sekian lama menuntut ilmu, aku berhasil menjajakkan kaki di kampus, bukan sekolah lagi..

entahlah, tapi aku sangat menghargai arti kuliah ini. setelah berjuta tantangan dan cobaan ku lalui, finally...
family riding Royalty Free Stock Vector Art Illustrationmumpung lagi liburan idul adha nih, aku nyempet2in update postingan... hehe sebenernya aku bingung mau cerita mulai dari mana, terlalu rumit kali. jadi ini ceritanya agak panjang, besar peluang kalian untuk bosen ngebacanya. kalo uda mulai bosen buruan di close aja situs ini sebelum terjadi hal2 yg tidak diinginkan :)



sebelum kuliah


ngerti nggak rasanya gak lulus SNMPTN? dunia berasa suram bgt. gak ada semangat hidup lagi rasanya. iya, itu yg aku rasain abis pengumuman. aku nangis senangis-nangisnya tangisan. air mata ga berhenti ngalir di pipi. shock. aku langsung mengurung diri di kamar. ada banyak sms dari teman2 nanyain gimana hasil pengumumannya, tapi gue cuekin. ga ada mood buat ngerespon mereka.



aku buka social media, ada banyak status-tweet mereka berhasil. bahagia bgt mereka. sementara aku?
sesekali aku ngaca di kamar waktu itu, mikir "aku ini emang bodoh. ga bisa ngebahagiain keluarga. bisanya ngerepotin. liat mereka yg berhasil tuh, aku malu. malu. bodoh bgt aku, aku ga pantes diterima di universitas. impianmu terlalu tinggi"



terus aku buka diaryku yg isinya tentang doa2ku untuk snmptn.. dgn penuh emosi yg membara, aku robek halaman itu. aku remet2 trus aku lempar. air mata di pipiku tetep ngalir. 

aku berbaring di kasur, tepatnya di dalem kamar yg masih terkunci. sesekali mama mengetok pintu, nawarin aku makan. tapi aku ga mau (maafin aku mama, aku msh terpukul waktu itu).
beberapa menit aku terbaring di kasur, aku teringat sama lembaran diary yg aku remet2 tadi. segampang inikah aku nyerah? selemah itukah aku?



lalu aku buka hape.ku, di wallpaper hpku terpampang jelas note kecil, isinya "Allah tidak akan mengecewakanku. Allah PASTI mengabulkan doaku". aku teringat perjuanganku sebelumnya, berdoa mati2an,tiap hari, tiap malam, tiap abis solat, tiap sbelum tidur. bukan berdoa biasa. seumur hidup jujur ga pernah aku berdoa sampe segitunya. maksudnya bener2 doa yang tulus, apalah pokoknya ga bisa dijelasin. cuma aku dan Allah yang tahu.



gak mungkin Allah akan menyia-nyiakan doaku. aku langsung bangkit, ngambil kertas diaryku tadi, aku kembaliin ke buku diaryku, aku tempel lagi.


berasa film bgt ya?? entahlah.


akhirnya aku buka kunci kamarku, aku keluar. trus ngobrol sama mama untuk rencana ke depan. awalnya mama bilang kalo aku mendingan ngulang taun depan buat kuliah. bla bla bla akhirnya aku nurut. aku bales sms temen2 yg nanyain hasil snmptn, bilang kalo aku belum lulus, dan ngulang taun depan.
mood semakin membaik pas bicara sama mama tentang kuliah.



malemnya, kakak ku pulang dari malang. ngobrol panjang lebar, dan dia nyaranin ikut jalur mandiri. awalnya aku ga yakin, melihat kondisi ekonomi yang begitulah... tapi kakak bilang 'sementara' ikut UM-UNEJ aja, jurusan farmasi. knp harus farmasi? selain alasan karena UM-UNEJ ga nyediain jalur mandiri utk pendidikan dokter, ayahku dulu seorang apoteker.. jadi ngikutin jejak ortu gitu deh. dan masuk farmasi juga ga buruk2 amat. selain itu, biaya mandiri buat farmasi unej cuma beda sejuta doang sama yang reguler..
yauda aku setuju aja, yang penting masih di bidang kesehatan. karna jiwaku emang ditakdirkan buat tenaga kesehatan #preeett



trus kakak ku nyuruh aku buat cari informasi jalur mandiri lain... dan yang aku temuin UB. yaa ga usa ditanya lah yaa itu kampus mata duitan. tapi.... mama sama kakak ku setuju kalo aku ikut jalur mandiri disana. yaudah..


blablablablaaaa dan akhirnya aku lolos semua jalur mandiri itu, farmasi unej sama farmasi ub. entahlah, semakin berjalannya waktu, aku mulai tertarik dengan farmasi, dan impian menjadi dokter perlahan memudar. mungkin aku yg emang belum cocok diterima jd calon dokter. tapi aku sudah mulai tergila2 dgn farmasi setelah baca2 info di berbagai sumber tentang farmasi.



tapi ga segampang itu loh aku masuk kuliah. ribuan cobaan datang dan ga mungkin aku tulis semuanya di sini. 
ga sedikit air mata yg gue keluarin di tengah2 usahaku itu. ada juga konflik sama keluarga seusai aku keluar dari ruangan ujian yg bikin aku ngeluarin air mata lagi.
 

yang jelas cobaan2 yang telah aku lalui itu membuat aku jd lebih menghargai kehidupan perkuliahan ini. jadi jangan heran kalo aku serrrrriiinggg bgt ngetwit/update status tentang kehidupan kuliah.
jujur, sebelumnya aku uda putus harapan bgt setelah kabar aku-tidak-diterima-kuliah itu. ga tau kenapa, aku ngerasa aku ga pantes kuliah, ga bakalan ada universitas yg mau nerima aku, mereka maunya cuma nerima anak2 yg berprestasi segala macem lah. namanya juga anak lagi putus asa, pikirannya kemana2.

 

tau ga gimana perasaannya pas abis pengumuman kalian ketemu teman2 yg pada pasang muka gembira atas kelulusannya, lalu pas mereka nanya ke kamu diterima di universitas mana dan kamu hanya terdiam karna tak tahu harusjawab apa? mungkin ada di antara kalian yg pernah ngerasain kaya' gini.


 

setelah kuliah

yeah, here we go. kampus hijau muda Fakultas Kedokteran - Farmasi Universitas Brawijaya. akhirnya... kampus FKUB... :')
daaaaaaaannnn ternyata kuliah ga segampang yg gue bayangin.

ospek

ospek fkub gak seindah sinetron2 bro. lu pikir pas ospek lu dikerjain segala macem trus kenalan sama kakak tingkat, trus pdkt gitu? impossibru.
di luar ospek, kehidupan perkuliahan ga kalah seru loh (seru ndasmu'a -_-). sekarang gue jadi paham, kenapa banyak orang ngomong kalo jurusan farmasi lebih berat dari pada pend.dokter, dan banyak juga yang say no to jurusan farmasi. ternyata cuma 1 kambing hitamnya, yaitu LAPORAN.
gue akuin, ospek fkub ini emang bener2 mendidik. ga ada acara dikerjai sm kakak tingkat. yg ada cuma m-e-n-d-i-d-i-k. tiap sebelum hari ospek selalu ada tugas bejibun..

jadi gini... aduh gue mau cerita dari mana ya, ruwet bgt sih.




sebelum hari ospek tuh peserta harus nyiapin perbekalan... dan kita harus mecahin dulu clue buat perbekalannya yg dikasih tahu pas H-2 sore.. clue nya bukan sembarang clue yg kaya' teletubies mencari keringat (pocari sweat), blablaaa apalah itu.. cluenya tu pake istilah2 kedokteran dan semacamnya.. misalnya fiksasi, dexter, sinister, trus nama latin apalah... gue ga tau contohnya gimana soalnya gue ga pernah ikut mecahin clue.. soalnya di setiap tunas (semacem kelompok gitu, tp namanya tunas) ada perwakilan sendiri yg tugasnya tuh mecahin clue dengan cara sharing2 dengan perwakilan tunas laen.. jd semacem tim pemecah clue gitu... dan itu ga gampang. soalnya ga semua anggota punya waktu buat mecahin clue itu di tengah2 waktu kuliah.



oya, perbekalannya bukan sembarang perbekalan juga. makanan yg dibawa tuh bukan makanan yg pasaran kaya' mizone, chiki2 gitu. kebanyakan sih makanan nya ga ada di sponsor gitu..


trus ada tugas rohani juga yg diumumin H-2, isinya tuh ada tugas harian, hafalan, dan mentoring. tugas harian isinya soal2 essay. tugas hafalan isinya surat sama terjemahan yg dihafalin, tapi gue ga pernah ngehafalin hahaha.. tugas mentoring isinya penalaran gitu deh mengarang dengan indah..


selain itu, ada tugas MIP (Mission in Possible). itu tugasnya disuruh nyari kakak tingkat berdasarkan identitas clue yg dikasih, kalo uda terpecahkan cluenya, kita ketemu sama kakaknya.. kita sharing2 segala macem, trus minta identitas kakaknya, ditulis di kertas ijo utk masing2 tunas trus dikumpulin pas hari H ospek.



ada juga Leadership Story, sama sih kaya MIP, tapi bedanya ini wawancara dan hasil wawancaranya ditulis di buku masing2 anggota trus ditandatangani sm kakanya..


kebanyakan semuanya itu untuk sharing2 tentang kehidupan perkuliahan di FKUB. aku juga bisa
belajar banyak hal disini. bener2 perbaikan karakter deh di kapus ini..


dan tugas yg gak kalah seru
 adalaaaahhh

tugas hukuman. jadi tugas ini dikasih setelah ospek. intinya, sekecil apapun kesalahan kita, pasti ada resikonya. contoh: tugas nulis artikel sebanyak 400 kata, tapi kita cuma nulis 398 kata >> dapet kartu kuning (pelanggaran sedang) >> hukuman: nulis artikel lagi 400 kata, deskripsi tema hari ini 100 kata, resume jurnal 250 kata, nulis 10 nama medis beserta artinya, nulis komitmen perbaikan diri dikmpulin H+2. tuh kan? padahal cuma kurang DUA kata dalam pengerjaan tugas, tapi resikonya?



bagi tenaga kesehatan, sekecil apapun kesalahan pasti resikonya besar. gimana kalo misalnya kita nulis resep, tapi kurang 1 obat yg belum kita tulis di resepnya?


mungkin ga cuma di FKUB yg sistem ospeknya kaya gini, pasti di fakultas lain ada yg lebih parah... tapi yg gue tau, ospek di kampus ini gak maen fisik. tapi maen mental sama otak.. ospeknya aja cuma duduk2 ngedengerin materi di dalem gedung yg berAC, sementara di luar ada fakultas laen yg mabanya disuruh jalan keliling universitas panas2 sambil dibentak2 sama seniornya....



utk semester awal ini seminggu masih cuma 3 praktikum.. sedangkan hari kuliah ada 5, sisanya buat ospek dan acara lain entah itu magang, seminar, dll. hal itu menyebabkan tiada hari tanpa menulis bagi mahasiswa farmasi T_T
http://i.istockimg.com/file_thumbview_approve/16947800/2/stock-illustration-16947800-students-working.jpgtrus aku juga sering pulang malem gara2 ngerjain tugas di kampus, begadang (biasanya gue begadang buat nonton tv, ngenet, smsan, tapi yg ini buat nulis), trus makan juga ga teratur gara2 kesibukan huaaaaaaa

 udah deh sekian dulu... see ya at the next post ; )

0 komentar:

Posting Komentar

what do you think ?

 

talitha's diary | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)